Main menu

RSU Tidar

Rumah Sakit Umum

Layanan Kesehatan Kota Magelang

Kunjungi...
Gavern + Bootstrap

SPGDT Kota Magelang

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Kunjungi...
Responsive Web Design

Public Safety Center

Call Center Layanan Gawat Darurat

Selengkapnya...

Sosialisasi SISRUTE dan workshop implementasi SISRUTE Kota Magelang

MAGELANG - Rabu, 20 Agustus 2019 sosialisasi SISRUTE dan workshop implementasi SISRUTE Kota Magelang                                     

 

 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi guna peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan. Sistem Rujukan Terintegrsi (SISRUTE) merupakan sebuah aplikasi untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan antar Fasilitas Kesehatan. Sesuai dengan surat Direktorat Pelayanan Kesehatan kementerian kesehatan nomor YR.04.02/III/6014/2018 tanggal 10 Desember 2018 tentang penggunaan SISRUTE, sebagai sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT, meningkatkan kinerja faskes dengan digitalisasi IT e-rujukan dan untuk mempercepat proses rujukan dan rujuk balik sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi fasiltas pelayanan kesehatan.

Seluruh pihak yang terkait dengan pelayanan kesehatan rujukan berjenjang, baik pusat maupun daerah diharapkan dapat saling mendukung sistem ini agar berjalan dengan baik sehingga data antara fasilitas pelayanan kesehatan dapat terintegrasi dan memudahkan fasilitas kesehatan dalam melakukan rujukan pasien, baik itu yang gawat darurat maupun yang tidak gawat darurat demikian sambutan Drs. Wahyu Prasetyo Hutomo selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Magelang di hadapan peserta sosialisasi SISRUTE dan workshop implementasi SISRUTE, di Aula Bappeda Kota Magelang, Rabu  (20/8).

Manfaat sistem ini diantaranya mempermudah komunikasi penempatan pasien dan penanganan pasien terkait sistem rujukan pasien. Sistem informasi rujukan merupakan upaya perbaikan dari berbagai dari persoalan dalam pelayanan kesehatan rujukan berjenjang dimana rumah sakit maupun fasilitas pelayanan kesehatan dapat saling terintegrasi dalam melakukan rujukan pasien. Proses merujuk pasien selama ini masih terkendala dengan belum terintegrasinya data antara fasilitas pelayanan kesehatan diantaranya penolakan pasien karena masalah administrasi jaminan, lambatnya pelayanan awal di IGD, informasi ruang perawatan dan informasi kelengkapan sarana/prasarana dan SDM yang menangani pada rumah sakit rujukan.

Sosialisasi SISRUTE dan workshop implementasi SISRUTE diikuti oleh perwakilan dari fasyankes se Kota Magelang dengan narasumber dari RSUP dr.Kariadi Semarang yaitu Sapuan,S.Kep,Ners menyampaikan materi  SISRUTE dan  dan Yosep Aditya Wicaksono,S.Kom menyampaikan materi  Petunjuk Teknis Penggunaan SISRUTE Terbaru ( V2 ).

Tujuan dari sosialisasi ini adalah terwujudnya kepatuhan setiap fasiltas pelayanan kesehatan se Kota Magelang setelah memiliki sistem yang sama sehingga komunikasi antar rumah sakit baik vertikal maupun horizontal dapat terjalin dan pelayanan pasien dapat cepat tertangani dengan baik, mengingat hal ini sangat strategis dan penting.

Seluruh pihak yang terkait dengan pelayanan kesehatan rujukan berjenjang, baik pusat maupun daerah diharapkan dapat saling mendukung sistem ini agar berjalan dengan baik sehingga data antara fasilitas pelayanan kesehatan dapat terintegrasi dan memudahkan fasilitas kesehatan dalam melakukan rujukan pasien, baik itu yang gawat darurat maupun yang tidak gawat darurat.