Main menu

RSU Tidar

Rumah Sakit Umum

Layanan Kesehatan Kota Magelang

Kunjungi...
Gavern + Bootstrap

SPGDT Kota Magelang

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Kunjungi...
Responsive Web Design

Public Safety Center

Call Center Layanan Gawat Darurat

Selengkapnya...

Pemkot Magelang Luncurkan PSC-SPGDT

Layanan Public Safety Center-Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (PSC-SPGDT) secara resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, pada Jumat (27/10/2017).  Peluncuran tersebut, bersamaan dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kota Magelang, yang berlangsung di Alun-alun setempat.

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengatakan bahwa PSC-SPGDT merupakan layanan gawat darurat terintegrasi berbasis call center.

"Layanan ini berupa penanganan pasien gawat darurat medis, sebelum ditangani di rumah sakit. Gratis, tidak dipungut biaya. Nomor kontak yang bisa dihubungi 0293 3219613," katanya pada Tribunjogja.com, Jumat (27/10/2017).

Windarti menambahkan, pencanangan germas dan PSC-SPGDT menjadi momen bersejarah bagi Kota Magelang, untuk meningkatkan komitmen dan kemampuan hidup sehat tanpa terkecuali.

"Saya mendorong seluruh OPD, untuk mendukung gerakan Germas ini, karena sangat bermanfaat, tidak hanya bagi Pemkot Magelang, namun juga masyarakat secara umum. Berawal dari diri yang sehat, masyarakat akan sejahtera," ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Fatma Murtiningsih menjelaskan bahwa layanan PSC-SPGDT dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan.

Layanan tersebut, diharapkan dapat mempercepat penanganan terhadap pasien maupun calon pasien sebelum sampai ke rumah sakit.

Adanya layanan ini, merupakan instruksi langsung dari kementerian kesehatan, yang diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh seluruh daerah.

"Rata-rata setiap daerah memiliki PSC. Terdapat tim kesehatan tersendiri yang bertugas di sini. Mereka melaksanakan penanganan kegawatan pra rumah sakit. Jadi, pasien akan ditangani lebih awal, sehingga mencegah kecacatan yang mungkin timbul akibat sakit, atau kecelakaan," jelasnya.

Fatma menyebutkan, layanan PSC-SPGDT mencakup seluruh penanganan kesehatan darurat.

Mulai dari kecelakaan, bencana, hingga sakit lainnya, yang membutuhkan pertolongan pertama.

"Tim yang kita komplit, mulai dari paramedis, perawat, ambulans, hingga petugas call center yang siap menerima panggilan setiap harinya. Kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi, karena punya sertifikat penanganan gawat darurat," pungkasnya.

Sumber : Tribun Jogja