Main menu

RSU Tidar

Rumah Sakit Umum

Layanan Kesehatan Kota Magelang

Kunjungi...
Gavern + Bootstrap

SPGDT Kota Magelang

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Kunjungi...
Responsive Web Design

Public Safety Center

Call Center Layanan Gawat Darurat

Selengkapnya...

Kamis 4 April 2019, Dinas Kesehatan Kota Magelang mengadakan acara Koordinasi Lintas Sektoral / Lintas Program, Program Jaminan Kesehatan Nasional (Monev Pelayanan Kesehatan tingkat Kota Magelang)

MAGELANG- Kamis 4 April 2019, Dinas Kesehatan Kota Magelang mengadakan acara Koordinasi Lintas Sektoral / Lintas Program, Program Jaminan Kesehatan Nasional (Monev Pelayanan Kesehatan tingkat Kota Magelang).

 

 

Kamis 4 April 2019, Dinas Kesehatan Kota Magelang mengadakan acara Koordinasi Lintas Sektoral / Lintas Program, Program Jaminan Kesehatan Nasional (Monev Pelayanan Kesehatan tingkat Kota Magelang) di Aula Dinas Kesehatan Kota Magelang. Acara dihadiri oleh fasilitas kesehatan se Kota Magelang baik tingkat pertama atau lanjutan, Kelurahan se Kota Magelang, Dinas Sosial, Dispendukpencapil dan stakeholder terkait.

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi karena adanya irisan kasus dan segmen peserta dalam SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) sehingga perlu dilakukan sosialisasi kepada mitra termasuk fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan persamaan persepsi dan memudahkan koordinasi jika terjadi kasus yang menjadi irisan dalam penjaminan.

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah dari BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja (Persro), dan Dinas Kesehatan. yang membawahi wilayah kerja Kota Magelang. Para narasumber memaparkan hal-hal yang dijamin dan ketentuan sesuai dengan bidang penjaminan. Disampaikan juga teknis penjaminan pada kasus-kasus yang beririsan.

Dengan lebih dari satu Badan Penjamin tersebut, tentunya muncul irisan kasus dan segmen peserta dalam penjaminan pada Sistem Jaminan Sosial Nasional ini, sehingga perlu adanya bentuk koordinasi baik berupa koordinasi manfaat pada jaminan manfaat yang beririsan maupun koordinasi pelayanan pada jaminan manfaat yang tidak beririsan dan perlu disosialisasikan kepada seluruh stakeholder dan mitra terutama Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan baik Tingkat Pertama maupun Tingkat Lanjutan.

Salah satu bentuk koordinasi manfaat adalah dalam penjaminan kecelakaan lalu lintas (KLL) antara PT. Jasa Raharja (Persero) dan BPJS Kesehatan. PT. Jasa Raharja (Persero) adalah penjamin pertama  adanya kecelakaan lalu lintas ganda sampai dengan batas kewajiban yang harus dijamin, sedangkan untuk kecelakaan tunggal adalah menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan. Dalam penjaminan kasus KLL baik ganda maupun tunggal hanya bisa diberikan setelah adanya Laporan Polisi dimana dengan terbitnya Laporan Polisi, maka korban wajib mengikuti proses hukum yang berlaku.

Deteksi awal dan pelaporan penegakan diagnosa kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja pada segmen Pekerja Penerima Upah sektor swasta dan segmen Peserta Bukan Penerima Upah sangat penting karena selain mempengaruhi pelayanan kesehatan yang dijamin juga akan menentukan santunan-santunan yang berhak didapat oleh peserta terkait dengan kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja yang dialami.