Rincian Tugas Tiap Jabatan

Rincian Tugas Tiap Jabatan

KEPALA DINAS KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA DINAS KESEHATAN
  2. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Dinas Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam hal melaksanakan urusan bidang kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Dinas Kesehatan mempunyai fungsi :

  1. Perumusan rencana dan kebijakan teknis di bidang kesehatan.
  2. Pengkoordinasian  dan pengarahan dalam penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian dinas.
  3. Pengawasan, pengendalian dan Pembinaan teknis atas pelaksanaan tugas pokoknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan operasional di lingkup tugasnya.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Merumuskan visi dan misi serta menetapkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Dinas Kesehatan.
    • Merumuskan kebijakan teknis di bidang kesehatan.
    • Mengkoordinir dan mengarahkan dalam penyusunan program kerja tahunan.
    • Mengkoordinir dan mengarahkan pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian dinas.
    • Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan bidang kesehatan.
    • Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan operasional tugas unit pelaksana teknis dinas (UPTD) pelayanan kesehatan.
    • Melaksanakan kewenangan yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan di bidang kesehatan.
    • Memberikan rekomendasi atas permohonan perizinan di bidang kesehatan yang telah dilimpahkan ke Unit Pelayanan Perizinan, menandatangani perizinan dan memberikan pelayanan umum bidang kesehatan.
    • Melaksanakan pengaturan dan Pengoordinasian sistem kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan dalam pengadaan obat pelayanan kesehatan dasar esensial.
    • Melaksanakan pengamanan kebijakan pengawasan dan pengendalian penapisan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan.
    • Menyelenggarakan upaya kesehatan lingkungan dan pemantauan dampak pembangunan terhadap kesehatan serta menyelenggarakan sistem informasi kesehatan kota.
    • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pengelolaan pendapatan daerah dari retribusi kesehatan.
    • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan sesuai bidangnya.
    • Melaksanakan tertib administrasi dan pelaporan.
    • Melakukan pengawasan, pembinaan dan penilaian terhadap hasil pekerjaan bawahan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

SEKRETARIS

  1. NAMA JABATAN :    SEKRETARIS
  2. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Sekretaris Dinas Kesehatan membantu Kepala Dinas Kesehatan dalam melaksanakan penyusunan program, pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian di lingkungan Dinas Kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud di atas, Sekretaris  mempunyai fungsi :

  1. Pengkoordinasian bidang-bidang dalam rangka penyusunan rencana strategis, program dan kegiatan serta penyusunan laporan tahunan dinas.
  2. Penyusunan program dan kegiatan di lingkungan sekretariat.
  3. Pelaksanaan pengelolaan urusan keuangan, umum dan kepegawaian dinas.
  4. Pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan
  5. Pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan dinas.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Mengkoordinir penyusunan rencana strategis dinas.
    • Mengkoordinir penyusunan program dan kegiatan tahunan dinas.
    • Mengkoordinir penyusunan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran dinas.
    • Menyusun rencana program dan kegiatan di lingkungan sekretariat.
    • Memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan dinas.
    • Melaksanakan urusan umum, kerumahtanggaan, perlengkapan dan tertib administrasi barang-barang inventaris dinas.
    • Melaksanakan urusan keuangan di lingkungan dinas.
    • Melaksanakan urusan administrasi kepegawaian antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, penggajian pegawai, mutasi dan lain-lain di lingkungan dinas.
    • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan dinas.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan-laporan pelaksanaan kegiatan dinas.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Sub Bagian Program mempunyai tugas membantu Kepala Sekretariat dalam melaksanakan kegiatan penyusunan rencana program dan evaluasi prgram kerja dan pelaksanaannya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Program  mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program Sub Bagian Program.
  2. Pengkoordinasian penyusunan rencana program
  3. Pengkoordinasian penyusunan laporan kinerja
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Sub Bagian Program.
    • Menyiapkan bahan penyusunan rencana strategis dinas.
    • Menyiapkan bahan penyusunan program dan kegiatan dinas.
    • Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran.
    • Menyusun laporan kinerja dinas.
    • Menyiapkan bahan laporan akuntabilitas dinas.
    • Menyiapkan bahan dalam rangka pengawasan dan pengendalian program dan kegiatan dinas.
    • Mengkoordinasikan dan melaksanakan evaluasi tentang rencana program pada dinas.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Program
    • Mengelola Sistem Informasi Kesehatan
    • Menyelenggarakan penelitian dan survey kesehatan
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas membantu Kepala Sekretariat dalam melaksanakan urusan keuangan di lingkungan Dinas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Keuangan  mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program sub bagian keuangan.
  2. Pelaksanaan penyusunan dokumen administrasi keuangan Dinas.
  3. Pelaksanaan pengelolaan keuangan Dinas.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Sub Bagian Keuangan.
    • Mengoordinasikan penyusunan rencana anggaran yang ada pada Bagian dan Bidang-bidang di Dinas.
    • Menyusun skala prioritas anggaran yang dibutuhkan.
    • Mempersiapkan data pelaksanaan anggaran.
    • Melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan
    • Melaksanakan pembayaran kebutuhan pelaksanaan tugas/kegiatan pada Dinas.
    • Melaksanakan penyusunan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dan laporan keuangan.
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan yang berkaitan dengan anggaran.
    • Mencatat, mengolah dan menganalisa data pelaksanaan anggaran..
    • Meneliti kebenaran pengarsipan dokumen atau bukti pengeluaran uang.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran/pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Keuangan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Keuangan, sebagai bahan monitoring dan evaluasi terhadap tugas/kegiatan kesekretariatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan serta administrasi kepegawaian di lingkungan dinas.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program sub bagian umum dan kepegawaian.
  2. Pelaksanaan kegiatan bidang umum.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang kepegawaian.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
    • Melaksanakan urusan kearsipan dan pengagendaan surat menyurat baik surat masuk maupun surat keluar.
    • Melaksanakan urusan perlengkapan dan urusan rumah tangga dinas, termasuk perjalanan dinas.
    • Melaksanakan administrasi dan pengelolaan inventaris/barang dinas (rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan dan pelaporan).
    • Mempersiapkan pelaksanaan protokoler.
    • Melaksanakan urusan pengelolaan administrasi kepegawaian di lingkungan Dinas, antara lain kenaikan gaji, kenaikan pangkat, mutasi, pensiun, kartu-kartu kepegawaian, dan lain-lain.
    • Mempersiapkan usulan mutasi, pemberhentian dan pensiun pegawai di lingkungan Dinas.
    • Membuat daftar urut kepangkatan, cuti dan absen pegawai.
    • Mengusulkan kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat.
    • Melaksanakan pengurusan kartu kepegawaian antara lain KARPEG, KARIS, KARSU dan TASPEN.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, sebagai bahan monitoring dan evaluasi terhadap tugas/kegiatan kesekretariatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA BIDANG PELAYANAN KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA BIDANG PELAYANAN KESEHATAN
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengumpulan dan pengkajian bahan kebijakan teknis, perencanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan serta penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Bidang pelayanan Kesehatan  mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan keigatan Bidang Pelayanan Kesehatan.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang pelayanan kesehatan.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang pelayanan kesehatan.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang pelayanan kesehatan.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Bidang Pelayanan Kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pelayanan Kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan Bidang Pelayanan Kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pelayanan Kesehatan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, kesehatan ibu, anak dan gizi masyarakat, serta kesehatan remaja dan lansia.
    • Melaksanakan penyebarluasan informasi tentang peningkatan pelayanan kesehatan.
    • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pelayanan Kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pelayanan Kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI PELAYANAN KESEHATAN DASAR DAN RUJUKAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI PELAYANAN KESEHATAN DASAR DAN RUJUKAN
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dalam melaksanakan perencanaan, pembinaan,  pengendalian dan pengembangan peningkatan pelayanan kesehatan dasar, rujukan dan pelayanan kesehatan khusus.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Kesehatan Dasar dan Rujukan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan.
  2. Pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan pelayanan Kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pelayanan Kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pelayanan Kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan.
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang pelayanan Kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan
    • Melaksanakan bimbingan dan pengendalian sarana pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan pada lingkup kota.
    • Memberi petunjuk, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SEKSI KESEHATAN IBU, ANAK (KIA)  DAN GIZI

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI KESEHATAN IBU, ANAK (KIA)  DAN GIZI
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Kesehatan Ibu, Anak (KIA) dan Gizi mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dalam melaksanakan perencanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan  pelayanan kesehatan Ibu dan Anak serta pelayanan gizi masyarakat.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Kesehatan Ibu, Anak (KIA) dan Gizi mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi.
  2. Pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan ibu, anak dan perbaikan gizi masyarakat.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan kesehatan ibu, anak dan perbaikan gizi masyarakat.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan pelayanan kesehatan ibu dan anak dan pelayanan perbaikan gizi masyarakat.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data pelayanan kesehatan ibu dan anak serta pelayanan perbaikan gizi masyarakat untuk menentukan prioritas program.
    • Menyelenggarakan surveylans dan penanggulangan gizi buruk.
    • Menyelenggarakan upaya perbaikan gizi keluarga dan masyarakat serta upaya kewaspadaan pangan lingkup kota.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan ibu dan anak dan pelayanan perbaikan gizi masyarakat.
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang pelayanan kesehatan ibu dan anak serta pelayanan perbaikan gizi masyarakat.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI KESEHATAN REMAJA DAN LANJUT USIA

  1. NAMA JABATAN  :    KEPALA SEKSI KESEHATAN REMAJA DAN LANJUT USIA
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dalam melaksanakan perencanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan  Pelayanan Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Seksi Kesehatan Remaja dan Lansia mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
  2. Pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan remaja dan lanjut usia termasuk pelayanan kesehatan di institusi institusi.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan pelayanan Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pelayanan Kesehatan Remaja, Lanjut Usia dan institusi untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pelayanan Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia termasuk institusi.
    • Menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan Remaja, Lanjut Usia dan Institusi bekerjasama dengan unit unit terkait.
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang pelayanan kesehatan Kesehatan Remaja, Lanjut Usia dan Institusi.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Kesehatan Remaja dan Lanjut Usia.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA BIDANG PENCEGAHAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (P2PL)

  1. NAMA JABATAN :  KEPALA BIDANG PENCEGAHAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (P2PL).
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengumpulan dan pengkajian bahan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan dan pengendalian serta penyelenggaraan upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan.
  3. Pelaksanaan kegiatan upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan.
    • Melaksanakan perencanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan peningkatan penyelenggaraan pencegahan penyakit, penanggulangan kejadian luar biasa (KLB), surveilans, pengendalian penyakit, serta penyehatan lingkungan dan tempat-tempat umum.
    • Melaksanakan penyebarluasan informasi tentang peningkatan pelayanan pencegahan penyakit, termasuk sumber-sumber penyebaran dan penularan penyakit, serta penyehatan lingkungan.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

.

KEPALA SEKSI PENCEGAHAN PENYAKIT  DAN PENANGGULANGAN KEJADIAN LUAR BIASA (KLB)

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI PENCEGAHAN PENYAKIT  DAN PENANGGULANGAN KEJADIAN LUAR BIASA (KLB)
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan upaya pencegahan penyakit dan penanggulangan kejadian luar biasa yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
  2. Pelaksanaan kegiatan pelayanan Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis upaya Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan kegiatan Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk menentukan prioritas program
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang Pencegahan Penyakit serta melaksanakan upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular ldan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) .
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pencegahan Penyakit dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SEKSI SURVEILANS DAN PENGENDALIAN PENYAKIT

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI SURVEILANS DAN PENGENDALIAN PENYAKIT
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam melaksanakan surveilans dan pembinaan serta penyelenggaraan upaya pengendalian penyakit yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit mempunyai fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit.
  2. Pelaksanaan kegiatan Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit..
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis Surveilans dan Pengendalian Penyakit.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian  dan pengembangan surveylans dan pengendalian penyakit.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data Surveilans dan Pengendalian Penyakit untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka surveilans dan penyelenggaraan upaya pengendalian penyakit.
    • Mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan survailans epidemiologi serta pengendalian penyakit termasuk pengelolaan pelayanan imunisasi.
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi surveilans dan pengendalian penyakit.
    • Mengoordinasikan penyelenggaraan kesehatan calon jamaah haji.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Surveilans dan Pengendalian Penyakit.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SEKSI PENYEHATAN LINGKUNGAN DAN TEMPAT-TEMPAT UMUM

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI PENYEHATAN LINGKUNGAN DAN TEMPAT-TEMPAT UMUM.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dalam melaksanakan pembinaan dan penyehatan kualitas lingkungan dan tempat-tempat umum yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Penyehatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Penyehatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum
  2. Pelaksanaan kegiatan pelayanan penyehatan lingkungan dan tempat-tempat umum.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Penyehatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Penyehatan Kualitas Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan penyehatan lingkungan dan tempat-tempat umum.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data penyehatan lingkungan dan tempat-tempat umum yang meliputi kualitas air bersih, air minum, air limbah, lingkungan pemukiman dan sampah untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya peningkatan kualitas lingkungan dan tempat-tempat umum yang meliputi penyehatan air bersih, air minum, air limbah, lingkungan pemukiman dan sampah .
    • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang upaya penyehatan tempat-tempat umum, tempat pengelolaan pestisida dan rumah sakit yang meliputi penyehatan air bersih, air minum, air limbah, lingkungan pemukiman dan sampah.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Peningkatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Peningkatan Lingkungan dan Tempat-Tempat Umum.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN, KEMITRAAN DAN PROMOSI KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN, KEMITRAAN DAN PROMOSI KESEHATAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan upaya pemberdayaan, kemitraan dan promosi kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang pemberdayaan, kemitraan dan promosi kesehatan.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang pemberdayaan, kemitraan dan promosi kesehatan.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan bidang pemberdayaan masyarakat, kemitraan dan promosi kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pemberdayaan masyarakat, kemitraan dan promosi kesehatan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya pengembangan promosi kesehatan, pemberdayaan dan kemitraan kesehatan masyarakat serta pembiayaan kesehatan masyarakat.
    • Melaksanakan implementasi sistem pembiayaan kesehatan melalui jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat dan atau sistem lain.
    • Menyelenggarakan pengembangan promosi kesehatan, pemberdayaan dan kemitraan kesehatan bersumberdaya masyarakat.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan dalam melaksanakan pengembangan promosi kesehatan, pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan promosi kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan.
  2. Pelaksanaan kegiatan pengembangan promosi kesehatan.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan promosi kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pengembangan promosi kesehatan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan upaya promosi kesehatan.
    • Mengolah, menganalisa, menyajikan dan menyebarluaskan informasi kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat melalui media penyuluhan langsung, pertemuan penyuluhan kelompok, media elektronik dan media lainnya.
    • Mengembangkan media promosi kesehatan dan meningkatkan upaya promosi kesehatan melalui kegiatan kegiatan tingkat kota bekerjasama dengan unit unit yang terkait.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pengembangan Promosi Kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN DAN KEMITRAAN KESEHATAN MASYARAKAT

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN DAN KEMITRAAN KESEHATAN MASYARAKAT.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan dalam melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
  2. Pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan pemberdayaan dan kemitraan kesehatan masyarakat untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat dan penyelenggaraan kemitraan program kesehatan dengan masyarakat.
    • Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petugas kesehatan dalam melaksanakan upaya kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemitraan program kesehatan.
    • Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat dalam menemukan permasalahan kesehatannya, menggali potensi dan mengatasi masalah kesehatan dengan bantuan petugas kesehatan.
    • Melaksanakan pengawasan, bimbingan dan pengendalian pengobatan tradisional.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA SEKSI PEMBIAYAAN KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN  :    KEPALA SEKSI PEMBIAYAAN KESEHATAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Seksi Pembiayaan Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pemberdayaan, Kemitraan dan Promosi Kesehatan dalam melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan pembiayaan kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Pembiayaan Kesehatan mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Pembiayaan Kesehatan.
  2. Pelaksanaan kegiatan Pembiayaan Kesehatan.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Pembiayaan Kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pembiayaan Kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pembiayaan Kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pembiayaan kesehatan masyarakat untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan Pembiayaan Kesehatan.
    • Melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat.
    • Melaksanakan implementasi sistem pembiayaan kesehatan melalui jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat dan atau sistem lain.
    • Mengembangkan kerja sama dan kemitraan dengan badan penyelenggara jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat.
    • Melaksanakan tugas pembantuan penyelenggaraan jaminan pemeliharaan kesehatan nasional.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pembiayaan Kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Pembiayaan Kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA BIDANG PEMBINAAN SUMBER DAYA KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA BIDANG PEMBINAAN SUMBER DAYA KESEHATAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Bidang Pembinaan Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pembinaan sumber daya kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Bidang Pembinaan Sumber Daya Kesehatan mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Bidang Pembinaan Sumber Daya Kesehatan.
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan program dan kegiatan bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
  3. Pelaksanaan kegiatan bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
  4. Pembinaan dan pengendalian program dan kegiatan bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pembinaan sumber daya kesehatan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Menyusun kajian sebagai bahan pemberian rekomendasi atas permohonan izin di bidang kesehatan yang telah dilimpahkan kepada Unit Pelayanan Perizinan
    • Mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengelolaan pelayanan Registrasi, akreditasi, sertifikasi dan Perizinan Tenaga Kesehatan serta Sarana Kesehatan tertentu sesuai peraturan perundang-undangan.
    • Mengoordinasikan penyelenggaraan program pelatihan kompetensi tenaga kesehatan dan pengembangan sumber daya kesehatan.
    • Mengoordinasikan pemeriksaan setempat, pengawasan, registrasi dan pelayanan perizinan makanan minuman produksi rumah tangga, distribusi sediaan farmasi skala kota (apotek dan toko obat) serta perizinan/ sertifikasi bidang kesehatan lainnya.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Bidang pembinaan sumber daya kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI FARMASI, MAKANAN DAN MINUMAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI FARMASI, MAKANAN DAN MINUMAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pembinaan Sumber Daya Kesehatan dalam melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan Farmasi, Perbekalan Kesehatan, Makanan dan Minuman yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman.
  2. Pelaksanaan kegiatan Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi.
  1. RINCIAN TUGAS:
  • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman.
  • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Farmasi, Perbekalan Kesehatan, Makanan dan Minuman.
  • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan pelayanan Farmasi,Perbekalan Kesehatan, Makanan dan Minuman.
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data Farmasi, Perbekalan kesehatan, Makanan dan Minuman untuk menentukan prioritas program.
  • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan pelayanan bidang Farmasi, Makanan dan Minuman.
  • Melaksanakan pelatihan, pemeriksaan setempat, pengawasan dan registrasi serta bimbingan teknis mutu dan keamanan pangan industri rumah tangga makanan dan minuman.
  • Melaksanakan pemeriksaan setempat sarana produksi dan distribusi sediaan farmasi serta sertifikasi alat kesehatan & PKRT kelas I.
  • Menyajikan dan menyebarluaskan informasi tentang upaya penyehatan tempat pengelolaan makanan, industri makanan dan minuman serta produksi distribusi sediaan farmasi.
  • Melaksanakan penilaian, sertifikasi dan penentuan grade terhadap rumah makan/restoran serta usaha jasa boga/catering sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Memberikan pertimbangan dalam pemberian izin usaha dan atau melaksanakan proses perizinan berkaitan dengan pengelolaan dan distribusi/ industri sediaan farmasi, perbekalan kesehatan, industri makanan dan minuman jasa boga, laik sehat rumah makan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  • Melakukan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya.
  • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
  • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
  • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman.
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman.
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA SEKSI SERTIFIKASI DAN PERIZINAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA SEKSI SERTIFIKASI DAN PERIZINAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Seksi Sertifikasi dan Perizinan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pembinaan Sumber Daya Kesehatan dalam melaksanakan pembinaan dan pengendalian penyelenggaraan sertifikasi dan Perizinan yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Seksi Sertifikasi dan Perizinan mempunyai   fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Sertifikasi dan Perizinan.
  2. Pelaksanaan kegiatan sertifikasi dan Perizinan.
  3. Penyiapan bahan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seksi
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Seksi Sertifikasi dan Perizinan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis bidang Sertifikasi dan Perizinan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan pelayanan Sertifikasi dan Perizinan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya pelayanan registrasi,akreditasi tenaga dan sarana pelayanan kesehatan, Sertifikasi dan Perizinan untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Sertifikasi dan Perizinan.
    • Melaksanakan dan mengelola pelayanan Registrasi, akreditasi, sertifikasi dan pemberian izin praktek Tenaga Kesehatan Tertentu serta Sarana Kesehatan tertentu sesuai peraturan perundang-undangan.
    • Menyelenggarakan program pelatihan kompetensi tenaga kesehatan dan pengembangan kapasitas sumber daya kesehatan
    • Mempersiapkan rencana promosi tenaga kesehatan, rencana kebutuhan, penempatan, pendaya gunaan serta pemanfaatan tenaga kesehatan strategis.
    • Mengusulkan pembinaan dan pengembangan karier tenaga kesehatan.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Sertifikasi dan Perizinan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Sertifikasi dan Perizinan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 

KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG TENGAH

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG TENGAH
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Tengah mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan strata pertama, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan upaya kesehatan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Tengah mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas yang meliputi 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan sebagai program pokok puskesmas.
  3. Pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Strata Pertama.
  4. Pelaksanaan Upaya pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit dengan menggerakkan, memantau serta memberdayakan peran aktif masyarakat.
  5. Penyiapan bahan perencanaan, alokasi sumber daya dan pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) untuk menentukan prioritas program.
    • Mengoordinasikan terlaksananya 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan oleh semua Puskesmas diwilayah kecamatan Magelang Tengah.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumber daya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas di wilayah kecamatan Magelang Tengah.
    • Menggerakkan, memonitor dan mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Puskesmas serta menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat diwilayah kecamatan Magelang Tengah.
    • Memberikan pelayanan kesehatan perorangan guna menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatannya serta memberikan rujukan ke Pelayanan Kesehatan Strata II secara profesional.
    • Memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat guna memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit melalui promosi/ penyuluhan kesehatan,pemberantasan penyakit & penyehatan lingkungan, perbaikan gizi serta berbagai program masyarakat lain bekerja sama dengan unit kerja terkait.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG SELATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG SELATAN
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Selatan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan strata pertama, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan upaya kesehatan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Selatan mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas yang meliputi 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan sebagai program pokok puskesmas.
  3. Pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Strata Pertama.
  4. Pelaksanaan Upaya pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit dengan menggerakkan, memantau serta memberdayakan peran aktif masyarakat.
  5. Penyiapan bahan perencanaan, alokasi sumber daya dan pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) untuk menentukan prioritas program.
    • Mengoordinasikan terlaksananya 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan oleh semua Puskesmas diwilayah kecamatan Magelang Selatan.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumber daya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas di wilayah kecamatan Magelang Selatan.
    • Menggerakkan, memonitor dan mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Puskesmas serta menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat diwilayah kecamatan Magelang Selatan.
    • Memberikan pelayanan kesehatan perorangan guna menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatannya serta memberikan rujukan ke Pelayanan Kesehatan Strata II secara profesional.
    • Memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat guna memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit melalui promosi/ penyuluhan kesehatan,pemberantasan penyakit & penyehatan lingkungan, perbaikan gizi serta berbagai program masyarakat lain bekerja sama dengan unit kerja terkait.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG UTARA

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA  UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS  PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT MAGELANG UTARA
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Utara mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan strata pertama, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan upaya kesehatan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Magelang Utara mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas yang meliputi 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan sebagai program pokok puskesmas.
  3. Pelaksanaan kegiatan Pelayanan Kesehatan Strata Pertama.
  4. Pelaksanaan Upaya pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit dengan menggerakkan, memantau serta memberdayakan peran aktif masyarakat.
  5. Penyiapan bahan perencanaan, alokasi sumber daya dan pelaksanaan kegiatan UPTD Puskesmas.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) untuk menentukan prioritas program.
    • Mengoordinasikan terlaksananya 6 Upaya Kesehatan Wajib dan 9 Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan oleh semua Puskesmas diwilayah kecamatan Magelang Utara.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumber daya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas di wilayah kecamatan Magelang Utara.
    • Menggerakkan, memonitor dan mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Puskesmas serta menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat diwilayah kecamatan Magelang Utara.
    • Memberikan pelayanan kesehatan perorangan guna menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatannya serta memberikan rujukan ke Pelayanan Kesehatan Strata II secara profesional.
    • Memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat guna memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit melalui promosi/ penyuluhan kesehatan,pemberantasan penyakit & penyehatan lingkungan, perbaikan gizi serta berbagai program masyarakat lain bekerja sama dengan unit kerja terkait.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas).
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan..

 

 KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS LABORATORIUM KESEHATAN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS LABORATORIUM KESEHATAN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI:

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam merencanakan, mengoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan laboratorium kesehatan kepada institusi pemerintah, swasta dan masyarakat serta melakukan upaya pengembangan laboratorium.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan.
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Laboratorium Kesehatan.
  3. Penyiapan bahan perencanaan, pengaturan alokasi sumber daya dan pelaksanaan kegiatan UPTD.
  1. RINCIAN TUGAS:
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan untuk menentukan prioritas program.
    • Mengolah, menganalisa, menyajikan dan menyampaikan informasi tentang hasil pemeriksaan laboratorium terhadap tempat pengelolaan industri makanan, makanan dan minuman, kualitas lingkungan tempat tempat umum serta produksi distribusi sediaan farmasi.
    • Melaksanakan pengambilan sampling/ contoh spesimen makanan-minuman, sediaan farmasi, spesimen lingkungan serta sediaan lain untuk keperluan pemeriksaan.
    • Memberikan rekomendasi, saran dan pertimbangan terhadap kelaikan produk farmasi, makanan-minuman serta kualitas lingkungan atas dasar hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan.
    • Melaksanakan pengembangan pemeriksaan laboratorium kesehatan dan peningkatan mutu penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan kimia, bakteriologis, fisika, gas dan udara.
    • Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan UPTD Laboratorium Kesehatan.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS INSTALASI FARMASI

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS INSTALASI FARMASI
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam perencanan, pengadaan, pengelolaan, penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian, monitoring dan evaluasi perbekalan farmasi dan peralatan kesehatan yang diperlukan dalam rangka pelayanan kesehatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit serta pembinaan kesehatan di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi.
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Instalasi Farmasi.
  3. Penyiapan bahan perencanaan, alokasi sumberdaya dan pelaksanaan kegiatan UPTD.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Instalasi Farmasi.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Instalasi Farmasi.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Instalasi Farmasi untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan perencanaan kebutuhan obat, alat kesehatan dan perbekalan farmasi lainnya.
    • Melaksanakan penyediaan, pengadaan serta pengelolaan obat pelayanan kesehatan dasar, alat kesehatan, reagensia, vaksin dan perbekalan kesehatan lainnya sesuai kebutuhan dan ketentuan peraturan yang berlaku.
    • Melaksanakan penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian obat, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan lainnya serta menyusun dokumentasinya.
    • Melakukan monitoring efek samping obat, evaluasi penggunaan obat & perbekalan kesehatan, melaksanakan pengamatan mutu dan khasiat sediaan obat yang ada serta menyusun data tentang kerusakan obat dan obat yang tidak memenuhi syarat.
    • Memberikan informasi mengenai pengelolaan, pembinaan dan pemeliharaan mutu dari obat , alat kesehatan dan perbekalan farmasi yang ada di Puskesmas dan UPTD Dinas Kesehatan yang lain.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

  KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT

  1. NAMA JABATAN :     KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN MASYARAKAT
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengelolaan dan pengembangan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pelaksana Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat yang meliputi pengelolaan kepesertaan, pengelolaan biaya pra upaya dan pemberian jaminan pelayanan kesehatan di Unit Pelayanan Kesehatan Strata I & Strata II .
  3. Penyiapan bahan perencanaan, alokasi sumberdaya, pemanfaatan biaya pra upaya dan pelaksanaan kegiatan UPTD.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat untuk menentukan prioritas program.
    • Melaksanakan dan mewujudkan sistem jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat yang paripurna, terstruktur, bermutu dan berkesinambungan.
    • Menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan kepada masyarakat dan melaksanakan pengelolaan iur biaya pra upaya sesuai dengan ketentuan dan Peraturan Daerah yang berlaku.
    • Melaksanakan pengelolaan dan pendataan kepesertaan untuk pemberian jaminan pelayanan kesehatan serta menyusun dokumentasinya.
    • Melakukan kerjasama penjaminan pelayanan kesehatan dengan Pemberi Pelayanan Kesehatan Strata I & Strata II serta melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta.
    • Melakukan pengembangan program, mengolah dan menganalisa data serta memberikan informasi mengenai program program jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui unit-unit  pelayanan kesehatan kepada masyarakat
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi dalam rangka pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMAH BERSALIN PATEN

  1. NAMA JABATAN :    KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMAH BERSALIN PATEN.
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Bersalin mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pengembangan upaya pelayanan kesehatan Ibu Maternal dan kesehatan Anak Neonatal  kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Bersalin mempunyai  fungsi :

  1. Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Unit Pelayanan Teknis Dinas Rumah Bersalin Paten.
  2. Pelaksanaan kegiatan UPTD Rumah Bersalin Paten..
  3. Penyiapan bahan perencanaan, pengaturan alokasi sumberdaya dan pelaksanaan kegiatan UPTD.
  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyusun rencana program/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Bersalin Paten.
    • Mengumpulkan dan mengkaji bahan-bahan perumusan kebijakan teknis pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Rumah Bersalin Paten.
    • Melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengendalian dan pengembangan peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Rumah Bersalin.
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data upaya peningkatan kualitas pelayanan Unit Pelayanan Teknis Dinas Rumah Bersalin untuk menentukan prioritas program.
    • Menggerakkan, memonitor dan mengadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan di Unit Pelayanan Teknis Rumah Bersalin Paten.
    • Memberikan pelayanan kesehatan Ibu dan Anak yang meliputi pemeriksaan antenatal, pelayanan proses persalinan dan pemeriksaan postnatal, pemeriksaan neonatal,bayi dan imunisasi bayi kepada pasien secara profesional.
    • Menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Obstetri Neonatologi Emergensi Dasar (PONED) dan melaksanakan pelayanan rujukan ke Unit Pelayanan Kesehatan strata II secara profesional.
    • Memberikan penyuluhan kesehatan serta menyajikan dan menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat bekerja sama dengan unit kerja terkait.
    • Melaksanakan koordinasi lintas sektoral dan lintas program serta mengatur alokasi sumberdaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Rumah Bersalin Paten.
    • Memberi petunjuk, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan.
    • Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan.
    • Melaksanakan tertib administrasi pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Bersalin Paten.
    • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Bersalin Paten.
    • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.
 

 

More in this category: « Peta Jabatan