Rincian Tugas Tiap Jabatan

TUGAS POKOK,fUNGSI DAN RINCIAN TUGAS

PENJABARAN TUGAS POKOK,fUNGSI DAN RINCIAN TUGAS

JABATAN STRUKTURAL DILINGKUNGAN

DINAS KESEHATAN

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA DINAS KESEHATAN

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota mempunyai tugas membantu Bupati/Walikota melaksanakan urusan Pemerintah di bidang Kesehatan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah Kabupaten/Kota.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Dinas Kesehatan mempunyai fungsi  :

 

  1. Perumusan kebijakan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan;
  2. Pelaksanaan kebijakan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Daerah terkait dengan bidang kesehatan.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Merumuskan kebijakan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efektif dan efisien;
    • Menyusun kebijakan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan sebagai payung hukum dalam melaksanakan tugas dinas;
    • Melaksanakan kebijakan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan sesuai dengan ketentuan agar hasil kegiatan dapat dipertanggungjawabkan;
    • Melakukan Evaluasi dan pelaporan Teknis di bidang Pembinaan kesehatan Masyarakat,pencegahan dan pengendalian penyakit,pelayanan kesehatan dan sumber daya kesehatan sebagai dasar dalam membuat kebijakan selanjutnya dan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Melaksanakan Pembinaan dan pengawasan kegiatan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya agar pelaksanaan tugas tetap berjalan pada koridor yang telah ditetapkan;
    • Melakukan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan;

 

  1. NAMA JABATAN : SEKRETARIS

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan rumusan kebijakan dilingkup kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Sekretaris mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  2. Perencanaan kegiatan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan sebagai Pedoman pelaksanaan kegiatan;
  3. Pelaksanaan Kegiatan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
  4. Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan dilingkup Kesekretariatan agar sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan;
  5. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Kegiatan administrasi di lingkungan dinas Kesehatan sebagai dasar dalam membuat kebijakan selanjutnya dan bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  6. Pelaksanaan pengelolaan asset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan;

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan rumusan kebijakan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan, koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
    • Merencanakan kegiatan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional dilingkup Kesekretariatan, Pengelolaan,koordinasi dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur Organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan;
    • Membagi tugas kegiatan sekretariat kepada kasubag sesuai dengan bidang tugas di masing-masing subag agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melakukan koordinasi Pelaksanaan tugas dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi dilingkungan Dinas Kesehatan Daerah agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Memantau,mengevaluasi dan melaporkan kegiatan operasional dilingkup Kesekretariatan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Memberi petunjuk kepada kasubag dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan kegiatan yang ada di masing-masing Subag agar pelaksanan tugas dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan pembinaan kepada kasubag dalam pelaksanaan tugas masing-masing untuk memperoleh hasil kerja yang opitimal;
    • Menyelia pelaksanaan kegiatan di masing-masing subag di sekretariat agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
    • Melaksanakan Pengelolaan asset yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SUBAG PROGRAM,INFORMASI DAN HUMAS

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan rumusan, perencanaan dan koordinasi penyusunan program dan informasi, serta penatalaksanaan hubungan masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Subag Program,Informasi dan Humas mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan penyusunan rumusan operasional Subag Program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
  2. Penyiapan penyusun rencana kegiatan operasional subag Program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional subag Program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
  4. Pelaksanaan Koordinasi,evaluasi dan pemeriksaan kegiatan Program dan informasi, serta penatalaksanaan Hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah, antara lain penyusunan Rencana Strategis dan penetapan kinerja Tahunan dan pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pengendalian Operasional kegiatan serta penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  5. Pelaksanaan Pelaporan hasil penyusunan Rencana Strategis dan penetapan kinerja Tahunan dan pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pengendalian Operasional kegiatan serta penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Dinas.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan penyusunan rumusan operasional subag Program  dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
    • Merencanakan kegiatan subag Program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerahsesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas ;
    • Melaksanakan kegiatan subag Program dan informasi serta penatalaksanaan hubungan Masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
    • Melaksanakan Koordinasi,evaluasi dan memeriksa hasil penyusunan Rencana Strategis dan penetapan kinerja Tahunan Dinas dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah agar tercapai Visi dan Misi Daerah;
    • Melaporkan hasil penyusunan Rencana Strategis dan penetapan kinerja Tahunan Dinas dan hasil pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pengendalian Operasional kegiatan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Dinas ;
    • Mengkoordinir,evaluasi dan memeriksa hasil penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan penyusunanDokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan di lingkungan Dinas Kesehatan;

 

  • Melakukan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan pembangunan kesehatan ;
  • Memeriksa dan mengevaluasi pelaksanaan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan dan Sistem Kesehatan Daerah ;
  • Memantau dan mengevaluasi hasil pembuatan rencana pembangunan sarana dan prasarana kesehatan ;
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan Subag program, informasi dan Hubungan Masyarakat agar sesuai dengan standart operasional prosedur yang telah ditetapkan;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal ;
  • Mengkoordinasikan,mengevaluasi dan melaporkan kegiatan subag program, informasi dan Hubungan Masyarakat, sebagai bahan tindak lanjut dan perencanaan tahun berikutnya;
  • Membimbing bawahan dalam melaksanakan pekerjaan agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar;
  • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
  • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SUBAG KEUANGAN,UMUM DAN KEPEGAWAIAN                                                                                              
  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan rumusan, perencanaan dan koordinasi penyelenggaraan urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi umum yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Subag Keuangan,Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan penyusunan rumusan operasional subag keuangan,umum dan kepegawaian antara lain urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
  2. Penyusunan rencana kegiatan operasional antara lain urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
  4. Sebagai wadah dalam menciptakan ketertiban;
  5. pengendalian, dan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan di dinas.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan penyusunan rumusan operasional subag keuangan,umum dan kepegawaian antara lain urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah;
    • Merencanakan kegiatan operasional subag keuangan,umum dan kepegawaian antara lain urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah, sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas ;
    • Melaksanakan kegiatan operasional subag keuangan,umum dan kepegawaian antara lain urusan keuangan dan pengelolaan asset, penatalaksanaan hukum, kepegawaian dan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas Kesehatan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Daerah,
    • Memeriksa dan mengevaluasi laporan akuntansi keuangan dan laporan keuangan Dinas agar tercipta tata kelola keuangan yang baik ;
    • Membimbing bawahan dalam melaksanakan kerja agar pelaksanaan kerja dapat berjalan dengan lancar;
    • Memeriksa, mengevaluasi dan melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan keuangan, umum dan kepegawaian agar diperoleh kebenaran data dan sebagai wujud pertanggungjawaban ;
    • Memeriksa data keuangan, umum dan kepegawaian yang akan disajikan sebagai bahan perumusan kebijakan ;
    • Memeriksa dan mengevaluasi pelaksanaan urusan surat menyurat, kearsipan, dan kerumahtanggaan dinas agar tercipta kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Memeriksa dan mengevaluasi hasil pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor untuk meningkatkan nilai ekonomis sarana dan prasarana kantor;
    • Memeriksa dan mengevaluasi pengelolaan produk hukum sebagai bahan referensi dalam pembuatan peraturan dan atau Surat keputusan;
    • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan keuangan, umum dan kepegawaian agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Membagi tugas kepada bawahan secara proporsional dan sesuai kompetensi agar pelaksanaan tupoksi dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugaskedinasanlain yang diberikan oleh atasan.

 

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG PEMBINAAN KESEHATAN MASYARAKAT

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Melaksanakan perumusan,perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang Kesehatan Masyarakat.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bidang Pembinaan Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  2. Penyiapan bahan perencanaan pelaksanaan kebijakan operasionaldi bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  3. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasionaldi bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
  4. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatanolah raga;.
  5. Pemantauan, evaluasi dan pelaporandi bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatanolah raga.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan rumusan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
    • Menyiapkan bahan rencana pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
    • Melaksanakan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat,promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat,kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga;
    • Melakukan Bimbingan teknis dan supervisi di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan serta kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatan olah raga agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan serta kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatan olah raga sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Membagi tugas kegiatan di bidang kesehatan masyarakat kepada kasi sesuai dengan bidang tugas di masing-masing seksi;
    • Memberi petunjuk kepada kasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan kegiatan yang ada di masing-masing seksi agar pelaksanan tugas dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan pembinaan kepada kasi dalam hal pelayanan kesehatan keluarga dan gizi, promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan serta kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan kesehatan olah raga;
    • Menyelia pelaksanaan kegiatan di masing-masing seksi bidang kesehatan masyarakat agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
    • Melaksanakan bimbingan dan pengawasan kepada bawahan;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

   

  1. NAMA JABATAN : KEPALA  SEKSI  KESEHATAN KELUARGA DAN GIZI

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan bahan perumusan, Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi mempunyai fungsi  :

 

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.
  2. Merencanakan kegiatan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.
  4. Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.
  5. Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat yang meliputi kesehatan ibu hamil, ibu bersalin dan nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan remaja dan lansia,UKS, perbaikan gizi masyarakat dan institusi sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan agar efektif dan efisien;
    • Merencanakan kegiatan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi yang meliputi kesehatan ibu hamil, ibu bersalin dan nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan remaja dan lansia,UKS, perbaikan gizi masyarakat dan institusi sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional dibidang kesehatan keluarga dan gizi yang meliputi kesehatan ibu hamil, ibu bersalin dan nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan remaja dan lansia,UKS, perbaikan gizi masyarakat dan institusi;
    • Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi dibidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakatyang meliputi kesehatan ibu hamil, ibu bersalin dan nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan remaja dan lansia,UKS, perbaikan gizi masyarakat dan institusi agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang kesehatan keluarga dan gizi yang meliputi kesehatan ibu hamil, ibu bersalin dan nifas, kesehatan bayi dan balita, kesehatan remaja dan lansia,UKS, perbaikan gizi masyarakat dan institusi sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan keluarga dan gizi untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Membagi tugas, membimbing dan mengawasi pelaksanaan tugasbawahan;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PROMOSI  KESEHATAN DAN

                                                              PEMBERDAYAAN KESEHATAN

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang promosi dan pemberdayaan masyarakatdan pembiayaan kesehatan.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Promosi kesehatan, Pemberdayaan Kesehatandan pembiayaan kesehatanmempunyai fungsi  :

 

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dan pembiayaan kesehatan;
  2. Merencanakan kegiatan operasional di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan dan pembiayaan kesehatan;
  3. Melaksanakan kegiatan operasional di bidang promosi kesehatan,pemberdayaan kesehatan dan pembiayaan kesehatan;
  4. Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan dan pembiayaan kesehatan;
  5. Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan dan pembiayaan kesehatan;

 

  1. RINCIAN TUGAS :

 

  • Menyiapkan bahan perumusan dibidang promosi dan pemberdayaan masyarakat dan pembiayaan kesehatanyang meliputi advokasi bidang kesehatan, bina suasana bidang kesehatan, gerakan masyarakatmelalui pembinaan dan pendataan Pola Hidup Bersih ( PHBS Tatanan Rumah Tangga,Tatanan Sekolah,Tatanan Institusi Kesehatan,Tatanan Tempat Kerja dan Tatanan Tempat-tempat Umum ),Penyuluhan masyarakat hidup sehat,pengembanganmedia promosi dan Informasi sadar hidup sehat, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM (posyandu, saka bhakti husada, poskestren,pos UKK dan pengembangan UKBM lainnya), dan kemitraan bidang kesehatan;
  • Merencanakan kegiatan operasional di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan yang meliputi advokasi bidang kesehatan, bina suasana bidang kesehatan, gerakan masyarakatmelalui pembinaan dan pendataan Pola Hidup Bersih ( PHBS Tatanan Rumah Tangga,Tatanan Sekolah,Tatanan Institusi Kesehatan,Tatanan Tempat Kerja dan Tatanan Tempat-tempat Umum ),Penyuluhan masyarakat hidup sehat,pengembanganmedia promosi dan Informasi sadar hidup sehat, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM (posyandu, saka bhakti husada, poskestren,pos UKK dan pengembangan UKBM lainnya), dan kemitraan bidang kesehatan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Melaksanakan kegiatan operasional di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan yang meliputi advokasi bidang kesehatan, bina suasana bidang kesehatan, gerakan masyarakatmelalui pembinaan dan pendataan Pola Hidup Bersih ( PHBS Tatanan Rumah Tangga,Tatanan Sekolah,Tatanan Institusi Kesehatan,Tatanan Tempat Kerja dan Tatanan Tempat-tempat Umum ),

 

 

 

Penyuluhan masyarakat hidup sehat,pengembanganmedia promosi dan Informasi sadar hidup sehat, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM (posyandu, saka bhakti husada, poskestren,pos UKK  dan pengembangan UKBM lainnya), dan kemitraan bidang kesehatan;sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku.

  • Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan yang meliputi advokasi bidang kesehatan, bina suasana bidang kesehatan, gerakan masyarakatmelalui pembinaan dan pendataan Pola Hidup Bersih ( PHBS Tatanan Rumah Tangga,Tatanan Sekolah,Tatanan Institusi Kesehatan,Tatanan Tempat Kerja dan Tatanan Tempat-tempat Umum ),Penyuluhan masyarakat hidup sehat,pengembanganmedia promosi dan Informasi sadar hidup sehat, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM (posyandu, saka bhakti husada, poskestren,pos UKK dan pengembangan UKBM lainnya), dan kemitraan bidang kesehatan;
  • Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan yang meliputi advokasi bidang kesehatan, bina suasana bidang kesehatan, gerakan masyarakatmelalui pembinaan dan pendataan Pola Hidup Bersih ( PHBS Tatanan Rumah Tangga,Tatanan Sekolah,Tatanan Institusi Kesehatan,Tatanan Tempat Kerja dan Tatanan Tempat-tempat Umum ),Penyuluhan masyarakat hidup sehat,pengembanganmedia promosi dan Informasi sadar hidup sehat, pemberdayaan masyarakat melalui UKBM (posyandu, saka bhakti husada, poskestren,pos UKK dan pengembangan UKBM lainnya), dan kemitraan bidang kesehatan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan;
  • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
  • Membagi tugas, membimbing dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan;
  • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
  • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

   

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN,  KESEHATAN

  KERJA DAN KESEHATAN OLAH RAGA   

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang Kesehatan lingkungan,kesehatan kerja dan Kesehatan olah raga.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;
  5. Pelaksanaan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kegiatan operasional dibidang Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga;
    • Merencanakan kegiatan operasional di bidang kesehatan olahraga, kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan yang meliputi advokasi kesehatan lingkungan, pembinaan dan pengembangan Kota Sehat, pengendalian vektor penyakit, pembinaan petugas kesehatan lingkungan, penyelenggaraan program upaya penyehatan lingkungan yang terdiri dari : sarana air minum dan jamban keluarga, SPAL, TTU, TPM, IRT makanan dan minuman, TPS, TPA, tempat pengelolaan pestisida, rumah sehat, registrasi laik hygiene sanitasi rumah makan, restoran, hotel, jasa boga dan industry, kualitasair bersih, air minum dan air kolam renang dan pengembangan lain, Kesehatan Kerja (kesehatan kerja formal dan informal) dan Kesehatan Olah raga sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional di bidang kesehatan olahraga, kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan yang meliputi advokasi kesehatan lingkungan, pembinaan dan pengembangan Kota Sehat, pengendalian vektor penyakit, pembinaan petugas kesehatan lingkungan, penyelenggaraan program upaya penyehatan lingkungan yang terdiri dari : sarana air minum dan jamban keluarga, SPAL, TTU, TPM, IRT makanan dan minuman, TPS, TPA, tempat pengelolaan pestisida, rumah sehat, registrasi laik hygiene sanitasi rumah makan, restoran, hotel, jasa boga dan industry, kualitas air bersih, air minum dan air kolam renang dan pengembangan lain, Kesehatan Kerja (kesehatan kerja formal dan informal) dan Kesehatan Olah raga;
    • Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi di bidang kesehatan olahraga, kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan yang meliputi advokasi kesehatan lingkungan, pembinaan dan pengembangan Kota Sehat, pengendalian vektor penyakit, pembinaan petugas kesehatan lingkungan, penyelenggaraan program upaya penyehatan lingkungan yang terdiri dari :

 

sarana air minum dan jamban keluarga, SPAL, TTU, TPM, IRT makanan dan minuman, TPS, TPA, tempat pengelolaan pestisida, rumah sehat, registrasi laik hygiene sanitasi rumah makan, restoran, hotel, jasa boga dan industry, kualitas air bersih, air minum dan air kolam renang dan pengembangan lain, Kesehatan Kerja (kesehatan kerja formal dan informal) dan Kesehatan Olah raga;

  • Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan olahraga, kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan yang meliputi advokasi kesehatan lingkungan, pembinaan dan pengembangan Kota Sehat, pengendalian vektor penyakit, pembinaan petugas kesehatan lingkungan, penyelenggaraan program upaya penyehatan lingkungan yang terdiri dari : sarana air minum dan jamban keluarga, SPAL, TTU, TPM, IRT makanan dan minuman, TPS, TPA, tempat pengelolaan pestisida, rumah sehat, registrasi laik hygiene sanitasi rumah makan, restoran, hotel, jasa boga dan industry, kualitas air bersih, air minum dan air kolam renang dan pengembangan lain, Kesehatan Kerja (kesehatan kerja formal dan informal) dan Kesehatan Olah raga sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan;
  • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan intas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan kesehatan lingkungan, kesehatan olahraga dan kesehatan kerja untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
  • Melakukan pembinaan, Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar memperoleh hasil kerja yg optimal;
  • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN

  PENYAKIT

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan operasionaldibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.
  2. Penyiapan perencanaan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.
  3. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.
  4. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
  5. Pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
    • Merencanakan kebijakan operasional pelaksanaan kegiatan dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
    • Melaksanakan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa;
    • Melakukan bimbingan teknis dan supervisi dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa agar kegiatan berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa ebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Membagi tugas kegiatan dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa kepada kasi sesuai dengan bidang tugas di masing-masing seksi agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Memberi petunjuk kepada kasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan kegiatan yang ada di masing-masing seksi agar pelaksanan tugas dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan pembinaan kepada kasi dalam pelaksanaan tugas masing-masing untuk memperoleh hasil kerja yang opitimal;
    • Menyelia pelaksanaan kegiatan dibidang surveilans dan Imunisasi,pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa ;
    • Melakukan pembinaan, Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar memperoleh hasil kerja yg optimal;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan..

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI SURVEILANS DAN IMUNISASI

 

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang Surveilans dan Imunisasi.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional dibidang surveilans dan Imunisasi,
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang surveilans dan Imunisasi,
  5. Pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang Surveilans dan Imunisasi.

 

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan rumusan kebijakan operasional di bidang Surveilans dan Imunisasi;
    • Merencanakan kegiatan operasional di bidang Surveilans dan Imunisasi yang meliputisurveilans penyakit potensial wabah, dan imunisasi,penanggulangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB), program kesehatan haji sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional yang meliputi surveilans penyakit potensial wabah, dan imunisasi,penanggulangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB), program kesehatan haji;
    • Melaksanakan Bimbingan teknis dan supervise kegiatan di bidang Surveilans dan Imunisasi yang meliputi surveilans penyakit potensial wabah, dan imunisasi,penanggulangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB), program kesehatan haji agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Memantau,mengevaluasi dan melaporkan kegiatan di bidang Surveilans dan Imunisasi yang meliputi surveilans penyakit potensial wabah, dan imunisasi,penanggulangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB), program kesehatan hajisebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan surveilans, dan imunisasi untuk mengetahui akurasi data;
    • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan surveilans, dan imunisasi untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Membagi tugas, membimbing dan mengawasi bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI PENGENDALIAN   PENYAKIT

                                                              TIDAK MENULAR DAN KESEHATAN JIWA

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pengendalian penyakit tidak menular mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dibidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa.
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional dibidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang dibidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa.
  5. Pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang dibidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa.

 

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan rumusan kebijakan operasional di bidang di bidang pengendalian penyakit tidak menular serta kesehatan jiwa.
    • Merencanakan kegiatan operasional pengendalian penyakit tidak menularantara lain surveilans faktor resiko PTM,posbindu PTM dan kesehatan jiwa sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional pengendalian penyakit tidak menularantara lain surveilans faktor resiko PTM,posbindu PTM dan kesehatan jiwa;
    • Melaksanakan Bimbingan teknis dan supervisi kegiatan di bidang pengendalian penyakit tidak menular antara lain surveilans faktor resiko PTM,posbindu PTMserta kesehatan jiwa agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengendalian penyakit tidak menular antara lain surveilans faktor resiko PTM,posbindu PTM serta kesehatan jiwa. sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa untuk mengetahui akurasi data;
    • Melakukan kordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Membagi tugas, membimbing dan mengawasi bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

 

 

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI  PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN                                                                         PENYAKIT  MENULAR

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional,bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang pengendalian penyakit menular.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dibidang pengendalian penyakit menular;
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang pengendalian penyakit menular;
  3. Pelaksanaan kegiatan operasionaldibidang pengendalian penyakit menular;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang pengendalian penyakit menular;
  5. Pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang pengendalian penyakit menular.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan rumusan kebijakan operasional di bidang pengendalian penyakit menular ;
    • Merencanakan kegiatan operasional di bidang pengendalian penyakit menularyang meliputi upaya Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Pes, Leptospirosis, Filariasis dan Kecacingan, Rabies, Antrak,Serangga/binatang pengganggu, Zoonosis lain dan upaya Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) seperti TBC, HIV/AIDS, Diare, Ispa/Pneumonia, Kusta dan Frambusia, SARS dan lain-lain sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional di bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit menular yang meliputi upaya Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Pes, Leptospirosis, Filariasis dan Kecacingan, Rabies, Antrak,Serangga/binatang pengganggu, Zoonosis lain dan upaya Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) seperti TBC, HIV/AIDS, Diare, Ispa/Pneumonia, Kusta dan Frambusia, SARS dan lain-lain;
    • Melaksanakan bimbingan teknis dan supervisi dibidang Pencegahan dan pengendalian penyakit menular yang meliputi upaya Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Pes, Lepttospirosis, Filariasis dan Kecacingan, Rabies, Antrak,Serangga/binatang pengganggu, Zoonosis lain dan upaya Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) seperti TBC, HIV/AIDS, Diare, Ispa/Pneumonia, Kusta dan Frambusia, SARS dan lain-lain agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melaksanakan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang Pencegahan dan pengendalian penyakit menular yang meliputi upaya Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Pes, Lepttospirosis, Filariasis dan Kecacingan, Rabies, Antrak,Serangga/binatang pengganggu, Zoonosis lain dan upaya Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) seperti TBC, HIV/AIDS, Diare, Ispa/Pneumonia, Kusta dan Frambusia, SARS dan lain-lain sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pengendalan penyakit menular untuk mengetahui akurasi data;
    • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit menular untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Membagi tugas, membimbing dan mengawasi bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG PELAYANAN KESEHATAN DAN

  SUMBER DAYA KESEHATAN

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan  minuman,alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan;
  2. Penyiapan Perencanaan pelaksanaan kebijakan operasionaldi bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan;
  3. Penyiapan Pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan;
  4. Penyiapan bimbingan teknis dan supervise di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan;
  5. Pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional di bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan ;
    • Menyiapkan perencanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas ;
    • Menyiapkan Pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan;
    • Melakukan bimbingan teknis dan supervisi di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatanagar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Membagi tugas kegiatan di bidang pelayanan kesehatan primer, dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian,makanan dan minuman, alat kesehatan dan Perbekalan kesehatan Rumah Tangga (PKRT) serta sumber daya manusia kesehatan kepada kasi sesuai dengan  bidang tugas di masing-masing seksi agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Memberi petunjuk kepada kasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing sesuai dengan kegiatan yang ada di masing-masing seksi agar pelaksanan tugas dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan pembinaan kepada kasi dalam pelaksanaan tugas masing-masing untuk memperoleh hasil kerja yang opitimal;
    • Menyelia pelaksanaan kegiatan di masing-masing seksi bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
    • Membagi tugas, memberikan petunjuk dan pengawasan kepada bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI  PELAYANAN KESEHATAN

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

 

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi,pemantauan,evaluasi dan pelaporan serta peningkatan mutu Fasyankes dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional.
  2. Perencanaan Pelaksanaan kegiatan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional.
  3. Pelaksanaan kegiatan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional;
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
  5. Pelaksanaan Pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
  6. Pelaksanaan Peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional agar hasil pelaksanaan kegiatan menjadi lebih berdaya guna dan berhasil guna.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional.
    • Merencanakan kegiatan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas ;
    • Melaksanakan kegiatan operasional dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional;
    • Melakukan bimbingan teknis dan supervisi dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan dibidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisionaluntuk mengetahui akurasi data;
    • Melaksanakan koordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelayanan kesehatan rujukan pada fasilitas pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut;
    • Melaksanakan peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan pada pelayanan kesehatan rujukan pada fasilitas pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut;
    • Membagi tugas, memberikan petunjuk dan pengawasan kepada bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI  FARMAMIN DAN ALKES

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi,pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang pelayanan kefarmasian,makanan dan minuman ,alat kesehatan serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
  3. Pelaksanaan kegiatan operasionaldibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
  4. Pelaksanaan Bimbingan teknis dan supervisi dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
  5. Pelaksanaan pemantauan,evaluasi,koordinasi dan pelaporan dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
    • Merencanakan kegiatan operasional dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ) sebagai pedomandalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ).
    • Melakukan bimbingan teknis dan supervisi dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ) agar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT ) sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan dan untuk megetahui keberhasilan/progress pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan dibidang pelayanan kefarmasian, makanan dan minuman,alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga ( PKRT )untuk mengetahui akurasi data;
    • Melaksanakan koordinasi dengan lintas program dan lintas sektor terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan penyuluhan, sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga (SPPIRT), pembinaan teknis usaha mikro obat tradisional (UMOT), sertifikasi produksi alkes kelas 1 tertentu &PKRT kelas 1 tertentu rumah tangga,  pembinaan teknis apotek, toko obat, penyalur alkes& optikal untuk melihat keberhasilan pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan;
    • Melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian sarana produksi, distribusi pangan / post market dan obat tradisional, pengendalian obat, obat asli indonesia (UMOT), produksi alkes & PKRTagar sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pengawasan dan evaluasi hasil pemeriksaan IRTP, uji sampel IRTP & tindak lajut hasil pengawasan;
    • Membagi tugas, memberikan petunjuk dan pengawasan kepada bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA SEKSI  SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan bahan perumusan,Perencanaan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi,pemantauan,evaluasi dan pelaporan dibidang sumber daya manusia kesehatan.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional dibidang sumber daya manusia kesehatan.
  2. Perencanaan kegiatan operasional dibidang sumber daya manusia kesehatan.
  3. Pelaksanaan Kegiatan operasionaldibidang sumber daya manusia kesehatan.
  4. Pelaksanaan Bimbingan teknis dan supervisi dibidang sumber daya manusia kesehatan.
  5. Pelaksanaan pemantauan,evaluasi,koordinasi dan pelaporan dibidang sumber daya manusia kesehatan.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang sumber daya manusia kesehatan.
    • Merencanakan kegiatan operasional dibidang sumber daya manusia kesehatansebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakan kegiatan operasional dibidang sumber daya manusia kesehatan yang meliputi pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai bidang kesehatan, penelitian kesehatan, hubungan kerjasama dengan pihak lain bidang kesehatan, pengelolaan angka kredit tenaga fungsional, screening kebutuhan pengembangan pendidikan tenaga kesehatan, perencanaan SDM kesehatan, pemetaan tenaga kesehatan, registrasi dan perizinan (tenaga kesehatan dan tukang gigi, sarana pelayanan kesehatan meliputi RS Pemerintah/Swasta kelas C dan D, RS Khusus kelas C, Klinik, sarana penunjang pelayanan kesehatan, antara lain laboratorium kesehatan,ijin usaha mikro obat tradisional (UMOT), ijin apotek, toko obat, penyalur alkes& optikal, menerbitkan surat terdaftar Penyehat Tradisional (Hatra) ,Akupuntur, koordinasi konsep produk hokum,penyusunan Standard Pelayanan Publik (SPP) Dinas, pendampingan Akreditasi FKTP (Puskesmas, Klinik, dr/drg)dan sarana kesehatan lain;
    • Melakukan bimbingan teknis dan supervisi yang meliputi pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai bidang kesehatan dilingkup dinas kesehatan, penelitian kesehatan, hubungan kerjasama dengan pihak lain bidang kesehatan, pengelolaan angka kredit tenaga fungsional, screening kebutuhan pengembangan pendidikan tenaga kesehatan, perencanaan SDM kesehatan, pemetaan tenaga kesehatan, registrasi dan perizinan (tenaga kesehatan dan tukang gigi, sarana pelayanan kesehatan meliputi RS Pemerintah/Swasta kelas C dan D, RS Khusus kelas C, Klinik, sarana penunjang pelayanan kesehatan, antara lain laboratorium kesehatan,ijin usaha mikro obat tradisional (UMOT), ijin apotek, toko obat, penyalur alkes& optikal, menerbitkan surat terdaftar Penyehat Tradisional (Hatra) ,Akupuntur, koordinasi konsep produk hokum,penyusunan Standard Pelayanan Publik (SPP) Dinas, pendampingan Akreditasi FKTP (Puskesmas, Klinik, dr/drg)dan sarana kesehatan lainagar sesuai dengan standart operasional dan prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melakukan pemantauan,evaluasi dan pelaporan yang meliputi pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai bidang kesehatan, penelitian kesehatan, hubungan kerjasama dengan pihak lain bidang kesehatan, pengelolaan angka kredit tenaga fungsional, screening kebutuhan pengembangan pendidikan tenaga kesehatan, perencanaan SDM kesehatan,

 

 

 

pemetaan tenaga kesehatan, registrasi dan perizinan (tenaga kesehatan dan tukang gigi,  sarana pelayanan kesehatan meliputi RS Pemerintah/Swasta kelas C dan D, RS Khusus kelas C, Klinik, sarana penunjang pelayanan kesehatan, antara lain laboratorium kesehatan,ijin usaha mikro obat tradisional (UMOT), ijin apotek, toko obat, penyalur alkes& optikal, menerbitkan surat terdaftar Penyehat Tradisional (Hatra) ,Akupuntur, koordinasi konsep produk hokum,penyusunan Standard Pelayanan Publik (SPP) Dinas, pendampingan Akreditasi FKTP (Puskesmas, Klinik, dr/drg)dan sarana kesehatan lainsebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;

  • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan Sumber Daya Kesehatan untuk mengetahui akurasi data;
  • Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sektor terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan Sumber daya Kesehatan untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • Membagi tugas, memberikan petunjuk dan pengawasan kepada bawahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar;
  • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
  • Melaksanakan tugas kedinasanlain yang diberikan atasan.

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA UPTD INSTALASI  FARMASI

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

           

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis operasional, bimbingan teknis dan supervisi,evaluasi dan pelaporan dibidang sediaan farmasi (obat dan BMHP) yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi.

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala UPTD Instalasi Farmasi mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan rumusan kebijakan operasional sediaan farmasi (obat dan BMHP) yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi;
  2. Perencanaan kegiatan operasional Instalasi farmasi yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi;
  3. Pelaksanaan Kegiatan operasional Instalasi farmasi yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi;
  4. Pelaksanaan Bimbingan teknis dan supervisi sediaan farmasi (obat dan BMHP);
  5. Pelaksanaan,evaluasi,koordinasi dan pelaporan kegiatan Instalasi farmasi yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis operasional Instalasi farmasi yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi.
    • Menyusun rencana kegiatan operasional Instalasi farmasi yang meliputi perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasisebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Melaksanakankegiatan Instalasi farmasi yang meliputi : perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasi.
    • Melaksanakan Bimbingan teknis dan supervisi yang meliputi : perencanaan, penyimpanan, monitoring dan evaluasi pengelolaan sediaan farmasikepada petugas pengelola obat di puskesmas.;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan Penatausahaan sediaan farmasi untuk mengetahui akurasi data;
    • Melakukan evaluasi terhadap permintaan dan penggunaan sediaan farmasi oleh puskesmas, ketersediaan sediaan farmasi di instalasi farmasi, pengelolaan sediaan di instalasi farmasi untuk menjamin kualitas sediaan farmasi;
    • Melakukan fasilitasi teknis kepada pengelola obat di puskesmas dalam rangka peningkatan kemampuan pengelolaan sediaan farmasi;
    • Melakukan koordinasi dengan lintas program yang berhubungan dengan kegiatan instalasi farmasi untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Melaporkan hasil kegiatan pengelolaan sediaan farmasi termasuk yang tidak memenuhi syaratsebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
    • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar hasil kerja lebih optimal;
    • Membina dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lainyang diberikan atasan.

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA UPT JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT 

                                                                                               

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis operasional, Monitoring dan evaluasi serta pelaporanpelaksanaan kegiatan jaminan dan pembiayaan kesehatan serta menyajikan data sebagai bahan evaluasi

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala UPT Jaminan Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknisdi bidang jaminan dan pembiayaan kesehatan;
  2. Perencanaan kegiatan operasionaldi bidang jaminan dan pembiayaan kesehatan;
  3. Pelaksanaan kegiatanoperasional di bidang jaminan dan pembiayaan kesehatan;
  4. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi tentang pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional.
  5. Koordinasi dan pelaporan Pelaksanaan kegiatan pelayanan Jaminan dan Pembiayaan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

 

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis jaminan kesehatan masyarakat;
    • Merencanakan kegiatan jaminan kesehatan masyarakat yang meliputi penatausahaan, pengintegrasian peserta JKMS ke JKN, pembiayaan JKN,  , kerjasama (BPJS, FKTL  I dan Tk.II, verifikasi pembiayaan, sosialisasi program JKN, sebagai pedoman pelaksanaan tugas; 
    • Melaksanakan kegiatanjaminan kesehatan masyarakat yang meliputi penatausahaan, pengintegrasian peserta JKMS ke JKN, pembiayaan JKN, , kerjasama (BPJS, FKTL  I dan Tk.II, verifikasi pembiayaan, sosialisasi program JKN;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan jaminan kesehatan masyarakat untuk mengetahui akurasi data;
    • Memonitor dan mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan jaminan kesehatan masyarakat untuk megetahui keberhasilan/progress pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan;
    • Melakukankoordinasi dengan lintas program dan lintas sector terkait yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan Jaminan Kesehatan Masyarakat untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Melaporkanhasil kegiatan Jaminan Kesehatan Masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan .

 

 

 

 

 

  1. NAMA JABATAN : KEPALA UPT  LABORATORIUM  KESEHATAN DAERAH ( LABKESDA )

                                                                                               

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

      

Melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dinas kesehatan di bidang pengelolaan Laboratorium Kesehatan

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala UPT Jaminan Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi  :

 

  1. Penyusunan rencana program dan rencana kerja anggaran di bidang Laboratorium Kesehatan;
  2. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang Laboratorium Kesehatan;
  3. Pelaksanaan pelayanan pemeriksaan kesehatan masyarakat dan kesehatan klinik;
  4. Pelaksanaan penyimpanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana Laboratorium Kesehatan;
  5. Pengelolaan urusan ketatausahaan Laboratorium Kesehatan;
  6. Penyajian data dan informasi di bidang Laboratorium Kesehatan;
  7. Penyusunan laporan realisasi anggaran Laboratorium Kesehatan;
  8. Penyusunan laporan realisasi kinerja program Laboratorium Kesehatan;
  9. Pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian kegiatan di bidang Laboratorium Kesehatan.

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Merencanakan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah yang meliputi penatausahaan, pemeriksaan kualitas penyehatan lingkungan,air, udara, tanah, kebisingan, pencahayaan, kelembaban), pemeriksaan kualitas makanan, minuman,bahan berbahaya,beracun dan lain-lain, pelayanan kesehatan di bidang laboratorium(pemeriksaan analisa sampel kimia lingkungan dan toksikologi, mikrobiologi, imunologi, patologi) sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah untuk mendapatkan data yang akurat;
    • Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan UPT Laboratorium Kesehatan Daerah untuk mengetahui keberhasilan/progress pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan;
    • Melakukan koordinasi dengan lintas sector dan lintas program yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegatan;
    • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standart operasional prosedur yang telah ditetapkan;
    • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Laboratorium Kesehatan Daerah sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan;
    • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan .

  

  1. NAMA JABATAN : KEPALA UPT  PUSKESMAS RAWAT JALAN

                                                                                               

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

 

Melaksanakan sebagian tugas operasional Dinas Kesehatan dibidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui penyelenggaraan upaya kesehatan perorangan dan masyarakat tingkat pertama di wilayahnya

 

Untuk penyelenggaraan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala UPT Jaminan Kesehatan Masyarakat mempunyai fungsi  :

 

  1. RINCIAN TUGAS :
    • Merencanakan kegiatan Puskesmas Rawat Jalan meliputi penatausahaan, UKM Esensial dan Perkesmas, UKM pengembangan, UKP, Kefarmasian, laboratorium, jaringan pelayanan puskesmas, dan jejaring fasilitas pelayanan kesehatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    • Memeriksa hasil pelaksanaan kegiatan Puskesmas Rawat Jalan untuk mengetahui akurasi data;
    • Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Puskesmas Rawat Jalan untuk megetahui keberhasilan/progress pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan;
    • Melakukan koordinasi lintas sector dan lintas program untuk membangun komunikasi dan sinkronisasi kegiatan;
    • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan Puskesmas Rawat jalan agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan;
    • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan Puskesmas Rawat jalan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan;
    • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
    • Membina dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    • Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

 

 

 

 

 

 

Last modified onTuesday, 24 July 2018 03:16
More in this category: « Peta Jabatan